6 Tips Memilih Domain & 5 Cara Memanfaatkan Domain untuk Bisnis
6 Tips Memilih Domain & 5 Cara Memanfaatkan Domain untuk Bisnis

6 Tips Memilih Domain & 5 Cara Memanfaatkan Domain untuk Bisnis

banner
memanfaatkan domain untuk bisnis

Bisnis adalah usaha yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dan penghasilan lainnya. Tidak hanya sekedar melakukan bisnis secara nyata, kini bisnis sudah bisa dipakai sebagai bisnis online. Di dalam bisnis online itu, Anda memerlukan jasa membuat blog. Namun tak usah dihiraukan lagi mengenai hal tersebut, karena kamu bisa memulai untuk membuat sendiri menggunakan domain.

Tips Memilih Domain 

Secara gamblangnya, nama domain dipilih bukan hanya sekedar menarik saja. Melainkan harus mempunyai tujuan dan makna yang jelas. Ketika ada orang yang mengunjungi domain Anda, maka ia akan merasa bahwa nama domain itu sangat penting untuk bisnis.

1. Memakai Domain TLD

Menggunakan Top Level Domain memang keharusan bagi para pelaku Bisnis. Tidak hanya menggunakan subdomain dari sebuah platform saja. Anda bisa memakai domain TLD itu seperti .com, .net, .id, .org dan lain sebagainya. Gunakan domain profesional dan mudah diingat.

2. Menggunakan Nama Domain Mudah Diingat

Gunakanlah nama domain atau brand dari bisnis Anda sesingkat mungkin. Contoh halnya seperti web - web bisnis yang tersebar di internet. Pasti mudah diingat karena pengejaan yang ditetapkan sebagai huruf vokal logat indonesia. Anda harus menerapkan itu juga, supaya Anda dapat memanfaatkan domain sebagai penunjang bisnis.

3. Menggunakan Nama Domain Yang Mewakili Brand Bisnis Anda

Suatu domain akan diperkaya dengan bisnis - bisnis Anda. Jadi, maksimalkan nama domain dengan isi konteks yang ingin Anda bahas. Jika Anda ingin membuat web tentang jualan pulsa, maka nama domain yang cocok adalah pulsabro, jualanpulsaku, dan lain sebagainya. Setelah menentukan nama domain itu, Anda bisa membeli domain murah dan hosting murah di salah satu penyedianya, seperti rumahweb yang sudah dipercaya banyak orang.

4. Sesuaikan dengan Target Marketting

Domain itu investasi masa depan, jadi Anda harus memulai mencari nama domain yang bisa menarget pasaran Anda. Semisal begini, apabila Anda mau mencari target indonesia, maka Anda dapat menggunakan domain dengan ekstensi ID seperti .id, co,id dan lainnya. Namun ini hanya opsional saja, boleh dilakukan dan boleh dibiarkan saja. 

5. Jangan Pernah Pakai Nama Brand Milik Orang Lain

Hal ini perlu Anda waspadai ketika sedang memilih domain untuk bisnis Anda. Selain untuk memasarkan produk dari bisnis Anda, domain juga diperlukan pengecekan apakah sudah pernah atau ada nama merek dagang yang serupa atau tidak. Semisal ada yang menyamai, Anda jangan pilih nama tersebut, karena bisa - bisa Anda dituntut oleh pemilik perusahaan bisnis tersebut.

6. Hindari Nama Domain Buruk

nama domain adalah aset bisnis, jika asal mencari nama saja semua orang pasti bisa menemukan. Perlu Anda ingat, mencari nama domain jangan pakai angka, usahakan jangan pakai. Apabila terpaksa, silakan rundingkan dengan pemiliki pelaku Usaha, jika setuju maka hal tersebut tidak berlaku.

Manfaat Menggunakan Domain untuk Bisnis

Setelah menentukan nama domain, hal yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis adalah sebagai berikut :

1. Membuka Jasa

Hal pertama ini adalah, Anda dapat membuka sebuah jasa menggunakan website online. jadi, kamu harus membuat website terlebih dahulu kemudian isikan konten yang sesuai dengan jasa apa yang ingin kamu jadikan bisnis.

Beberapa rekomendasi jasa yang bisa Anda pilih adalah :
  1. Jasa sewa motor dan mobil.
  2. Jasa sewa bus.
  3. Jasa pariwisata, tour dan lainnya.
  4. Jasa laundry.
  5. Jasa desain web.
  6. Jasa penulisan karya ilmial dan artikel blog.
  7. Jasa coding.
  8. Jasa pembuatan website.
  9. Jasa managed server (VPS, Hosting, dan lainnya).
  10. Jasa angkut.
  11. Jasa renovasi lapangan.
  12. Dan masih banyak lagi jasa yang bisa di onlinekan.

2. Membuat Email Custom

Alamat domain bisa Anda gunakan sebagai alamat email custom. Tidak hanya menggunakan situs penyedia alamat email saja, melainkan Anda disini bisa mengubah nama domain dengan alamat email. Seperti contoh  berikut, Anda memiliki domain dengan nama pulsabro.com, alamat domain tersebut bisa dipakai untuk email seperti ini, tim#pulsabro.com. Fasilitas ini umumnya sudah disediakan oleh penyedia domain.

3. Membuat Marketplace

Sekarang jamannya sudah semuanya serba digital. Beli makanan sudah pakai jasa ojek online. Jika sudah begitu, Anda bisa menggunakan nama domain itu untuk membuat toko online. Kini onlineshop tidak hanya dikuasai oleh olshop besar saja, Anda dapat memanfaatkan celah lain seperti mempromosikan domain olshop Anda ke media sosial.

4. Membuat Situs untuk Perusahaan

Setiap perusahaan ingin perusahaannya itu maju dan dikenal oleh orang banyak. Nah, ini peluang Anda dalam menentukan domain untuk membuat website korporasi sebagai penunjang mutu dan penyebaran informasi secara daring dengan cepat. Di dalam website bisa dicantumkan kriteri masuk ke perusahaan supaya diterima, atau membuka lowongan pekerjaan.

5. Membuat Blog Personal

Semakin banyak pengguna internet, maka akan semakin banyak peluang bisnis yang diperoleh dalam dunia internet ini. Termasuk menggunakan mesin pencari google adalah hal yang lumrah untuk dilakukan bagi setiap pengguna internet. Oleh karena itu, Anda juga dapat memanfaatkan domain untuk membuat blog personal.

Nah seperti itulah yang bisa dilakukan dengan domain. Karena domain adalah aset digital, Anda perlu memastikan bahwa domain Anda selalu diperpanjang dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Bisa digunakan sebagai bisnis atau hanya sekedar menggunakannya sebagai blog personal. Mengingat sekarang banyak orang yang memulai membangun blog personal untuk mendapatkan hasil uang yang melimpah di blogging.
Advertisement banner

Baca juga:

banner

Your Reactions:

Next
This Is The Current Newest Page